Selasa, 17 Juli 2012

Memaknai dan Menyadari Kewajiban Antar Saudara Muslim

Mungkin kalau kita mendengar kata kewajiban yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah suatu pekerjaan yang membuat kita malas untuk mengerjakannya. Karena budaya kita dalam pekerjaan yang lebih mendahulukan Hak daripada Kewajiban. padahal hal itu kurang mencerminkan akhlak sebagai seorang muslim. Akhlak seoarang muslim terhadap muslim lainnnya. 
Seorang al-akh memiliki hak terhadap saudaranya. Hak Saudara kita pertama  adalah Apabila bertemu kepada sesama muslim harus mengucapkan salam. Yang kedua adalah apabila saudara kita mengundang kita maka wajib seorang muslim untuk mendatangi undangan tersebut. Yang ketiga adalah saudara kita meminta nasehat maka kita memberikan nasehat. Saling menasehati adalah jalan untuk terhindar dari kerugian. Yang keempat adalah apabila ia bersin dan apabila mengucpkan Hamdallah. Maka saudaranya harus menjawab Ya HARMUKALLAH. Setelah itu Saudara yang bersin mengucapkan YAHDIKUMULLAH WAYASLUHU BAINAKUM. Yang kelima adalah Apabila ia sakit maka Jenguklah saudara kita. Yang keenam adalah Apabila datang kepadanya Kematian maka Bertakziyah dan menganarkannya ke liang lahat. 
Begitu Indahnya ISLAM sampai bersin pun diatur mekanisme untuk menjawab. Ini merupakan agama yang rahmatan lil 'alamin. Tak ada aktivitas pun yang tidak diatur dalam ISLAM. itulah sempurnanya ISLAM.
I LUV ISLAM...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar